Minggu, 23 Desember 2012

Tips Merawat Laptop dan Netbook BARU agar tahan lama

Tips Merawat Laptop dan Netbook BARU agar tahan LAMA umur dari Laptop Anda
Penting di BACA .  !

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUH5HU1yH1TGWG11p6B1rB5lZmpbRYWvKJOK8oM25inK3fQ7-d0JxlEM-HeyzvgCnoKIk0R4a4ZCgJN7GMi5bj4P3MwUQppxs1IV97eKdJwm20mOvTQrP-bDXN2IuisMGPBGIyiuipOdQ/s1600/silly_computer_repair_cartoon_laptop_with_wrench_photosculpture-p153602368691590744qdjh_400.jpgHalloo kawan semua,
Salam hangat untuk kalian semua.
Kali ini saya ingin berbagi ilmu dengan kalian tentang Tips Merawat Laptop dan Netbook Baru agar Tahan Lama Penggunaan dan Tidak Cepat Rusak. :)

Piyee??
mehh dibaca lanjut po gaa??





Kriteria kualitas laptop dan Netbook yang masih bagus adalah :
  • Tidak LEMOD programnya.
  • Baterai laptop dalam keadaan standby sampai 4 jam, jika keadaan mengetik dengan musikkan sampai 3 jam.
  • Tidak sering ngehang.
  • Setiap membuka program lancar - lancar saja kecuali programnya besar(spesifikasi laptop tidak mendukung jalannya program).
  • Suara speaker dari laptop atau netbook masih sangat jelas(tidak seperti radio rusak).
  • Gambar atau tampilan dari LCD laptop atau netbook masih sangat bening/jelas.
  • Tidak adanya goresan disekitar body laptop atau netbook.
Jika laptop atau netbook anda banyak memenuhi kriteria diatas (minimal sampai 4 kriteria)   berarti kualitas laptop atau netbook anda masih lumayan bagus.
Nah, jika keadaan laptop anda banyak yang kurang seperti kriteria di atas atau pun jika anda ingin berjaga" untuk merawat laptop anda agar kualitas laptop anda tetap seperti baru, saya ingin berbagi tips agar keinginan anda bisa terpenuhi.
Berikut tips - tips untuk merawat laptop atau netbook anda agar tetap baru :
    http://madyacomputer.com/87-thickbox_default/asus-n46vm-v3036d-intel-core-i7-hd-750gb-nvidia-gt-540.jpg
  1. Bersihkan layar laptop anda dengan menyemprotkan cairan pembersih (misal : kit motor, pembersih kaca) kemudian diusap dengan menggunakan tisu bersih.(jangan menyentuh layar laptop anda karena bisa berakibat kerusakan pada LCD).
  2. Bersihkan bagian body laptop anda dengan menggunakan cairan pembersih juga di usap menggunakan tisu(ingat : cairan pembersih jangan terlalu banyak secukupnya saja agar tidak masuk kedalam mesin laptop).
  3. Untuk baterai laptop, ketika anda ingin ngegame dengan waktu yang lama sebaiknya jangan pakai baterai, maksudnya lepas baterai laptop anda kemudian anda memakai langsung ke listrik, jadi baterai tidak akan cepat rusak.
  4. Ketika baterai laptop anda sedang di charge ingat kapan anda charge tentukan batas penuhnya (biasanya 4 jam kalo pas kosong) karena jika sudah penuh harus langsung di lepas chargenya, karena baterai laptop tidak seperti baterai handphone, kalai baterai handphone mempunyai penghenti aliran listrik ketika baterai menandakan penuh, sedangkan baterai laptop tidak mempunyai penghenti aliran listrik ketika baterai penuh, jadi ketika baterai laptop penuh memang di indikasi akan menandakan bahwa baterai telah penuh, tetapi ketika tidak di lepas chargenya, maka akan terjadi terus menerus chargenya seperti anda mengisi air di dalam gelas ketika sudah penuh tidak berhenti mengisi airnya maka airna akan terus mengalir dan tumpah. Nah itu kalau terjadi di baterai maka aliran listrik akan terus mengalir ang mengakibatkan kualitas tahan lamanya baterai berkurang. Jadi ketika anda ingin bermain laptop lama, sebaiknya lepas saja baterainya.
  5. Check Disk adalah program untuk mengecek keadaan harddisk anda, dalam keadaan baik sepenuhnya atau ada kerusakan. Untuk check disk : buka My Computer -> Local Disk(C) klik kanan -> properties -> Tools -> Check Now.(untuk pastisi system membutuhkan restart untuk partisi lain langsung bekerja).
  6. Disk Cleanup adalah program untuk membersihkan sisa - sisa temporary(penggunaan) dalam laptop anda, dimisalkan ketika ada sampah makanan yang habis anda makan maka sampahnya sebaiknya dibersihkan nah seperti itu kerja disk cleanup. untuk disk cleanup : buka My Computer -> Local Disk(C) klik kanan -> properties -> Tools -> Disk Cleanup.
  7. Disk Defragmenter adalah program untuk menata atau merapikan letak - letak isi dari pastisi harddsik. misalkan dalam rumah anda ketika anda baru membeli banyka barang baru maka akan di letakkan sembarang tempat atau berantakan, nah untuk itu disk defragmenter untuk merapikan data - data anda, yang file .exe dikumpulkan perkelompok, yang data office dikumpulkan jadi satu yang lagu -lagu jadikan satu agar ketika ingin membuka data itu harddisk akan cepat prosesnya karena sudah rapi. Untuk disk defragmenter :  buka My Computer -> Local Disk(C) klik kanan -> properties -> Tools -> Disk Defragmenter(semua partisi di defrag).
  8.  CCleaner adalah program yang fungsinya sama seperti Disk Cleanup tetapi untuk CClenaer ini lebih cepat dan pembersihannya sangat mendetail.Program CCleaner dapat download .Ketika membersihkan temporary dengan CCleaner sebaiknya jangan membuka program apapun, karena sedang membersihkan file -file hasil penggunaannya.
  9. Bersihkan file temporary yang tidak bisa dijangkau oleh disk cleanup dan CCleaner, yaitu di dalam folder prefetch. Buka My Computer -> Locak Disk(C) -> Windows -> Prefetch. Hapus semua file yang berada di dalam folder Prefetch itu, kemudian bersihkan di recycle bin.
  10. Uninstall/buang program yang tidak berguna di laptop atau netbook anda agar tidak memberatkan harddsik anda. Untuk uninstall program : Start -> Control Panel -> Program -> Uninstall Program.
Nah Cukup 10 aja tips dari saya agar laptop anda terkesan baru :)
Bila ada pertanyaan lebih lanjut silahkan kommen.
pasti saya balas.
matur nuwun..

Tidak ada komentar: